Ujung Genteng, Sukabumi yang masih jauh dari Sukabumi

Kapan saya ke Ujung Genteng :

Agustus 2008

jadi maap kalo detailnya kudet – kurang apdet

Image

<sumber foto : google map>

Lokasi :

Versi mbah gugel : 4 jam 16 menit dari Bandung (tanpa macet, jalan berlubang dan berbagai rintangan lainnya)

Versi saya pake angkutan umum : hampir setengah hari perjalanan. kurang lebih 10 jam termasuk ganti-ganti angkutan umum, ngetem, makan siang dan lain2. Seinget saya sih berangkat pagi sampe sana sore.

Angkutan umum :

karena saya kesana pakai angkutan umum jadi saya review angkutan umumnya.

Relatif mudah. cuman setelah surade itu harus naik motor, karena saya kesorean dan sudah tidak ada angkot.

Elfnya ya standard elf lah. supir ugal2an, jalan menuju lokasi gak jelek sih, tapi cukup membuat pusing dengan gaya supir yang ugal2an.

Rute Angkutan umum dari Bandung :

Bandung – Sukabumi (kurleb 50.000) – gak apdet

Sukabumi – Lembur Situ (kurleb 5000 sekarang) – gak apdet

Lembur Situ – Surade (kurleb 25.000) – kalo udah diatas jam 4 an udah gak ada kalau dulu

Surade – Ujung Genteng (kurleb 15.000 naik ojek)

Saya lupa untuk tarifnya. Tapi di atas saya cantumkan perkiraan harganya.

Kesan pertama :

Karena itu pertama kalinya saya backpacker ke pantai yang bagus, jadi luar biasa. Indah niaaaaaaan. Tapi kalau liat dari koleksi foto lawas saya sih pantainya relatif mirip dengan pantai di Gunung Kidul. banyak karang-karang bolong yang membuat kolam alami ikan2kecil. Pasir depan penginapan pondok hexa besar-besar dan banyak karang-karang. Tapi pasir di pangumbahan halus banget. Kata mamang2 yang ngurus penyu, pasir yang halus itu adalah alasan mengapa para penyu mau bertelur di pantai Pangumbahan tersebut

Apa yang harus dilakukan :

main di pantai, foto-foto, surfing kalo udah jago. Banyak mas-mas bule yang surfing di deket pangumbahan. Kalo snorkeling atau diving kayanya gak bisa..

Kenapa harus ke sini?

yang paling seru sih liat penyu bertelur. malem2, naik ojek ke pantai buat nungguin penyu bertelur. Gak boleh berisik, gak boleh silau banget. 6 tahun lalu aja pantai ujung genteng ini udah rame banget pengunjung. Gak tau deh sekarang kaya apa. Kadang2 mikir, kasian juga ni penyu kalau pengunjungnya makin banyak. kira2 mereka masih bertelur sebanyak dulu gak ya? Kayanya kita sebagai pengunjung harus bijak juga dengan mengikuti ketentuan dari penangkaran penyu tersebut. Jadi, jangan mau jalan2 nya dan poto2nya aja ya! Tetep bijaksana dalam setiap perjalanan 🙂

Berikut foto-foto di Ujung genteng (dokumentasi pribadi) :

Image?

ImageImageImageImage

Leave a Reply

