[Day 1] Japan Trip : ferry to Kobe

Tanggal 8 November 2014 saya berangkat menggunakan pesawat Air Asia dari Bandung ke Kansai melalui Kuala Lumpur. Transit kurang lebih dua jam. Berangkat dari bandung 08:30 WIB dan tiba di Kansai 22:30 Waktu setempat. Walaupun sebelum perjalanan sempat terjadi drama karena saya lupa tidak membawa JR Pass yang sudah saya beli di Bandung -> kebiasaan buruk! >,<

Akhirnya pukul 22.30 kami tiba di Kobe. Kami (saya & suami) memang lebih memilih menginap di apartement dibandingkan di bandara agar besoknya bisa fresh jala-jalan. Apartement yang saya pilih berada di daerah Kobe. Kenapa harus Kobe? Karena saya ingin merasakan naik ferry di Jepang!

Setelah proses imigrasi selesai, kami mengambil koper dan melewati pemeriksaan. Tadinya kami sempat degdegan karena satu koper kami isinya makanan & air mineral (supaya irit & makanan terjamin halal). Kami bawa rendang, abon, kentang kering, keju, roti, indomie dan enam botol 1,5 Liter air mineral. Sebenarnya di Jepang itu banyak air gratis, tapi karena takut terkena nuklir, akhirnya kami sepakat untuk membawa perbekalan tersebut. Di tempat pemeriksaan terakhir, koper yang disimpan di bagasi pesawat tidak diperiksa sama sekali. Akan tetapi penumpang yang kopernya di cabin diperiksa kembali oleh petugas bandara. Jadi tenang saja kalau anda berencana membawa pebekalan seperti kami. 🙂

Tempat pembelian tiket ferry di bandara Kansai sangat mudah terjangkau, berikut petanya :

PETA TIKET FERI

Peta tempat pembelian tiket ferry

TIKET FERI

Tempat beli tiket ferry

Harga ferry sebenarnya cukup mahal, yaitu 1800 Yen. Akan tetapi, karena ada promo untuk turis, harga ferry dari Kansai ke Kobe hanya 900 Yen. Cukup tunjukan passport saja, anda dapat potongan 50%! Waktu tempuhnya pun tergolong lebih cepat dibandingkan menggunakan Bis. Hanya 30 menit saja. Nantinya, dari Pelabuhan Kobe, ada shuttle gratis ke Terminal Bis Sannomiya. Jadi tidak perlu bingung harus naik apa dari Pelabuhan Kobe! 🙂

TIKET FERI KERTAS

Saya & Suami di Ferry ke Kobe

FREE SHUTTLE TO SANNOMIYA

Free shuttle to Sannomiya

Sampai di Terminal Bis Sannomiya, kami berjalan kaki ke apartemen yang kami sewa. Harga sewanya Rp 750.000. Penyewanya tinggal di apartemen yang sama, dengan kamar yang berbeda. Mereka Ramah sekali. Reviewnya nanti akan saya buat sendiri. Malam itu ditutup oleh berendam ala onsen di Jepang di apartemen yang kami sewa tersebut. Rasa lelah pun langsung hilang semua. 🙂